Latest News

Sejarah Shio




Sejarah shio pertama kali diumumkan oleh Huang Ti (Kaisar Kuning). Ia adalah kaisar yang paling agung sepanjang sejarah Bangsa Cina. Ia juga dianggap sebagai “Bapak Kebudayaan Cina”. Pada masa pemerintahan Kaisar Huang Ti, banyak sekali muncul keputusan bijak yang menjadi dasar budaya dan perkembangan Cina ke depan. Salah satu maklumat Huang Ti adalah sistem siklus zodiak Cina yang diumumkan sekitar tahun ke-61 masa pemerintahannya.
Sistem siklus zodiak yang dimaklumatkan oleh Kaisar Huang Ti berhubungan erat dengan sistem penanggalan Cina yang sudah dikenal dan berlaku sejak tahun 2637 SM (Sebelum Masehi). Satu siklus lengkap terdiri dari lima siklus biasa. Satu siklus biasa berjalan sepanjang 12 tahun. Satu siklus lengkap membutuhkan waktu 60 tahun. Sekarang ini, kita berada dalam siklus lengkap ke-78 yang dimulai dari tahun 1984 dan akan berakhir pada tahun 2004.
Ke-12 tahun siklus biasa itu dinamakan sesuai nama binatang tertentu. Konon, ketika Sang Budha bersiap-siap naik ke Nirwana, dipanggilah semua binatang untuk menghadap. Binatang yang paling tanggap pada panggilan Sang Budha pertama kali adalah Tikus. Setelah Tikus, muncul Kerbau dan Macan. Kelinci dan Naga menyusul setelah itu. Kemudian, berturut-turut datanglah Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan yang terakhir adalah Babi. Nama binatang-binatang inilah yang digunakan untuk mewakili nama tahun dalam siklus zodiak Cina.
Dalam Kebudayaan Cina kuno, setiap tanda binatang dikenal sebagai “Cabang Bumi”. Binatang tahun kelahiran akan mempengaruhi kepribadian dan kehidupan seseorang serta alam semesta dan seluruh isinya. Tentang nama binatang dalam zodiak Cina tersebut, ada sebuah pepatah Cina kuno yang menyebutka bahwa “inilah binatang yang tersembunyi di dalam lubuk hatimu”. Keberadaan setiap Cabang Bumi selalu terpadu bersama satu dari lima unsur. Lima unsur tersebut, yaitu Kayu yang diperintah oleh Planet Jupiter, Api oleh Planet Mars, Tanah oleh Planet Saturnus, Logam oleh Planet Venus, dan Air oleh Planet Merkurius.
Setiap unsur dari lima unsur ini mempunyai sifat yang berbeda. Ada yang bersifat Yin dan ada yang bersifat Yang. Dari ke-12 Cabang Bumi itu, Tikus, Macan, Naga, Kuda, Monyet, dan Anjing merupakan kelompok Yang. Sementara, sisanya seperti Kerbau, Kelinci, Ular, Kambing, Ayam, dan Babi termasuk kelompok Yin.
Selain shio tahunan, dalam perhitungan shio juga memperhatikan jam kelahiran atau Shio Harian. Perhitungan Shio Harian dalam sistem zodiak Cina dimulai dari pukul 23.00. mulai dari 23.00 hingga pukul 23.00 keesokan harinya atau 24 jam. Kemudian, perhitungan waktu itu dibagi menjadi 12 bagian. Masing-masing bagian terdiri dari dua jam. Setiap bagian atau setiap 2 jam itu diperintah atau berada di bawah kekuasaan satu binatang zodiak. Perhitungan Shio Harian ditunjukkan tabel berikut.
Jam Kelahiran
Shio Harian
23.00 – 01.00
Tikus
01.00 – 03.00
Kerbau
03.00 – 05.00
Macan
05.00 – 07.00
Kelinci
07.00 – 09.00
Naga
09.00 – 11.00
Ular
11.00 – 13.00
Kuda
13.00 – 15.00
Kambing
15.00 – 17.00
Monyet
17.00 – 19.00
Ayam
19.00 – 21.00
Anjing
21.00 – 23.00
Babi
Jam kelahiran akan sangat mempengaruhi perangai seseorang. Misalnya, seorang yang bershio Tikus akan tampak agresif, kemungkinan besar lahir antara pukul 03.00-05.00 pagi. Sementara, orang yang bershio Tikus yang tampak pendiam dan pasif, kemungkinan lahir antara pukul 09.00-11.00
Pertanyaan yang akan muncul dari benak Anda adalah bagaimana bisa ada Tikus yang agresif dan bagaimana pula ada Tikus yang pendiam dan pasif ? Sifat dasar Shio Tikus memang tidak agresif, tetapi juga tidak pendiam dan pasif. Umumnya, Tikus sangat memesona dan memancing keceriaan. Yah… seperti tokoh kartun Mickey Mouse, itulah kepribadian Tikus. Tikus memiliki sifat jujur, jenaka, dan blak-blakan. Orang yang bershio Tikus biasanya cerdik seperti Tikus, lincah, humoris, pandai bergaul, dan giat bekerja. Lalu, dari mana datangnya sifat agresif? Dan, dari mana asalnya sifat pendiam dan pasif itu?
Satu hal yang perlu diingat adalah waktu kelahiran. Atau, dengan kata lain, pukul berapa Anda dilahirkan. Biasanya Shio Tikus yang agresif lahir antara pukul 03.00-05.00 karena pada saat itu adalah waktu kekuasaan Shio Macan. Sifat dasar Shio Macan adalah agresif. Jadi, dari Macanlah pemilik Shio Tikus itu mendapat warisan sifat agresif. Sementara, Shio Tikus lain yang lahir antara pukul 09.00-11.00 akan bersifat pendiam dan pasif karena pada saat itu adalah waktu kekuasaan Shio Ular. Jadi, Shio Tikus itu mendapat warisan sifat dasar dari shio Ular yang pendiam dan pasif.
Tafsir Mimpi

0 Response to "Sejarah Shio"

Ramalan Hari Ini

Ramalan berasal dari kata “ ramal ” yang artinya adalah suatu ilmu untuk menafsir, menilik, melihat atau memprediksi nasib seseorang,...